Monday, December 24, 2012

Air bersih untuk sumber air minum



Air merupakan sumber daya alam yang manfaatnya essensial bagi makhluk hidup di bumi. Di Indonesia air digunakan hampir di setiap sektor, baik untuk keperluan industri, pertanian, perikanan, rumah tangga, dan lainnya. Di belahan bumi yang lain air berubah bentuk menjadi padatan berupa es, sebut saja di kutub utara dan kutub selatan. Es-es yang ada di kutub berfungsi sebagai indikator panas bumi, semakin panas bumi akibat global warming maka es di kutub semakin sedikit. Bayangkan jika es di kutub mencair, pulau – pulau dengan ketinggian di bawah permukaan laut bisa saja tenggelam dan akibatnya bagi ekosistem di wilayah kutub.

Air di permukaan bumi juga mengalami siklus atau disebut dengan daur hidrologi. Proses air di lautan yang pada siang hari mengalami evaporasi (penguapan) membentuk awan kemudian awan tersebut terkondensasi pada suhu yang lebih rendah (di sekitar pegunungan) sehingga turunlah hujan. Air hujan yang sampai pada permukaan langsung mengalir  ke sungai dan ada juga yang terserap ke dalam tanah. Air di dalam tanah ada yang disebut air tanah dangkal dan air tanah dalam. Proses perkolasi terjadi pada air tanah dalam dimana lapisan-lapisan tanah menyaring air hingga berada diantara dua lapisan kedap air. Lapisan air ini disebut lapisan akuifer, kondisi air di lapisan ini lebih murni dan bersih. Apabila proses perkolasi terjadi di sekitar pegunungan maka air yang dihasilkan akan kaya mineral sehingga bagus untuk dikonsumsi.


gambar siklus hidrologi dari sini (1)

Sumur-sumur yang biasanya digali oleh masyarakat kebanyakan sampai air tanah dangkal. Air tanah dangkal dapat dikonsumsi dengan syarat harus di saring terlebih dahulu sehingga menjadi air yang murni. Persediaan air tanah dangkal sangat terbatas pada musim kemarau karena sedikitnya curah hujan. Hal ini juga dapat diperparah karena adanya kerusakan hutan. Kawasan hutan berperan sebagai pengatur tata air melalui fungsi hidrologis sebagai penyerap, penyimpan, penghasil dan pendistribusi air. Singkatnya kawasan hutan menjaga persediaan air tanah dan menjaga pendistribusiannya sehingga faktor resiko terjadinya banjir dapat berkurang.

Pada air permukaan seperti sungai dan danau, air dimanfaatkan secara langsung sebagai sarana transportasi dan kebutuhan sehari-hari. Contohnya saja Kota Banjarmasin yang terkenal dengan julukan kota seribu sungai. Di kota ini sungai menjadi sarana transportasi untuk mendistribusikan hasil bumi dari hulu sungai ke hilir juga menjadi objek wisata bagi turis local maupun mancanegara.

gambar objek wisata pasar terapung di lok baintan banjarmasin dari sini (2)

Namun, tidak jarang pemanfaatan air banyak disalahgunakan oleh masyarakat salah satunya sebagai tempat pembuangan sampah. Pembuangan limbah rumah tangga ke aliran sungai yang terus menerus akan menyebabkan aliran sungai tersumbat yang nantinya akan menyebabkan banjir. Selain itu, penyalahgunaan selanjutnya yaitu pembuangan langsung limbah industri rumah tangga seperti industry pertambangan emas, tekstil, makanan ke aliran sungai yang menyebabkan sungai tercemar oleh bahan kimia dan merusak ekosistem daerah aliran sungai. Makhluk hidup yang ada di daerah tersebut nantinya akan tercemar dan terakumulasi oleh bahan kimia sehingga pada kadar tertentu dapat mengakibatkan keracunan apabila dikonsumsi. Tidak hanya air sungai industri penambangan juga dapat merusak lapisan air tanah baik yang dangkal maupun yang dalam sehingga air tanah pun tercemar dan tidak dapat dikonsumsi.

Manifestasi kerusakan kelestarian air selain menyebabkan bencana alam jugan berdampak kepada sulitnya untuk mendapatkan sumber air bersih dan murni untuk minum. Hal ini tentu saja dapat dicegah mulai dari hal yang sederhana seperti :
  • Mengusahakan setiap harinya untuk menghemat penggunaan air, selain untuk menjaga persediaan air minum hal ini juga bemanfaat untuk mnghemat pengeluaran bulanan anda.
  • Membuang sampah tidak di sungai melainkan di tempat yang sudah disediakan, hal ini kesannya sangat sepele tapi hal sekecil ini dapat menurunkan faktor resiko terjadinya banjir apabila dilakukan oleh setiap orang dan setiap waktu selain itu juga dapat meningkatkan kualitas air untuk dikonsumsi atau diminum serta kawasan sungai menjadi lebih indah dan tertata.
  • Tidak melakukan, mendukung, dan mengizinkan penebangan hutan liar agar persediaan air tanah terus ada baik pada musim hujan maupun kemarau serta mencegah terjadinya bencana alam seperti longsor dan banjir.
  • Pengaplikasian pengolahan limbah yang baik sebelum dibuang kesungai oleh industri agar air sungai masih murni dan dapat dipergunakan oleh makhluk hidup disekitarnya.
Menurut departemen kesehatan penggunaan air sebagai air minum harus memenuhi beberapa syarat yaitu tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengandung logam berat, juga bebas dari bakteri yang merugikan seperti Escherichia coli. Sumber dan pengolahan air minum yang tepat merupakan kunci utama untuk mendapatkan pure water. Pengolahan dengan cara dimasak pada 1000C tidak menjamin air bebas logam berat (3). Karena itu hadirlah sebuah Pure It alat water purified yang menyaring air seperti proses perkolasi air oleh alam sehingga air aman untuk diminum. Dan kita terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh mengkonsumsi air yang tidak sehat seperti diare dan cacingan.

dari sini (3)

Mari lestarikan sumber air minum bersih kita dari sekarang J

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog kerjasama antara unilever pure it dan blogdetik dengan tema "Kelestarian Sumber Air Minum"




Referensi :
  1. gambar diambil dari http://pbcahyono.wordpress.com/2012/02/20/pedoman-monitoring-evaluasi-das-daerah-aliran-sungai/
  2. gambar diambil dari http://www.kidnesia.com/Kidnesia/Potret-Negeriku/Gallery/Pasar-Terapung-Lok-Baintan
  3. Wikipedia, 2012. Air Bersih. http://id.wikipedia.org/wiki/Air_bersih

Monday, September 24, 2012

HOME

Kaki ingin melangkah jauh darimu dan terbawa oleh belaian angin menjelajah 5 benua. Pergi saat sinar matahari malu-malu menaik dan pulang saat anggunnya kuning sunset. Tertawa, tersenyum, lepas, bebas di setiap penjuru dunia. Menyelam, berenang, ataupun hanya bermain air ditepian pantai antah berantah. Mendaki, memandang, dan terilhami oleh agungnya gunung. Berbicara dengan alam dan mendengar indahnya nyanyian alam. HA! sekarang aku terkulai lemah ingin pulang kerumah. Im just totally homesick. :(



"I never thought that home would be my favorite vacation destination"
Adam Levine in his official twitter account

Sunday, September 23, 2012

Kapur tohor-silika pengering-arang aktif





KAPUR TOHOR

Ca(OH)2 yang dikenal sebagai batu kapur (kapur tohor) adalah hasil pembakaran kapur mentah (Calsium carbonate CaCO3) yang dalam proses pembakaran pada temperatur diatas 900 derajat Celsius terjadi proses calsinasi dengan pelepasan gasa CO2. Kapur tohor Ca(OH)2 atau kalsium hidroksida merupakan zat padat yang berwarna putih dan amorf. Kapur tohor (quick lime) dihasilkan dari batu gamping yang dikalsinasikan, yaitu dipanaskan pada suhu 6000 C – 9000 C. Kapur tohor ini apabila disiram dengan air secukupnya akan menghasilkan kapur padam (hydrated / slaked quicklime) dengan mengeluarkan panas. Kapur tohor merupakan anhidrida basa, dan apabila bereaksi dengan air akan terjadi kapur padam atau kalsium hidroksida. Larutan kapur tohor mengeluarkan banyak panas, bersifat basa agak keras, dan mudah menarik gas asam arang dari udara, sehingga air mudah menjadi keruh. Larutan kapur tohor juga merupakan pengikat asam – asam nabati.

ARANG AKTIF
Arang selain digunakan sebagai bahan bakar, juga dapat digunakan sebagai adsorben (penyerap). Daya serap ditentukan oleh luas permukaan partikel dan kemampuan ini dapat menjadi lebih tinggi jika terhadap arang tersebut dilakukan aktifasi dengan aktif faktor bahan-bahan kimia ataupun dengan pemanasan pada temperatur tinggi. Dengan demikian, arang akan mengalami perubahan sifat-sifat fisika dan kimia. Arang yang demikian disebut sebagai arang aktif.
Arang aktif merupakan senyawa karbon amorph, yang dapat dihasilkan dari bahan-bahan yang mengandung karbon atau dari arang yang diperlakukan dengan cara khusus untuk mendapatkan permukaan yang lebih luas. Luas permukaan arang aktif berkisar antara 300-3500 m2/gram dan ini berhubungan dengan struktur pori internal yang menyebabkan arang aktif mempunyai sifat sebagai adsorben. Arang aktif dapat mengadsorpsi gas dan senyawa-senyawa kimia tertentu atau sifat adsorpsinya selektif, tergantung pada besar atau volume pori-pori dan luas permukaan. Daya serap arang aktif sangat besar, yaitu 25-1000% terhadap berat arang aktif.Arang aktif dibagi atas 2 tipe, yaitu arang aktif sebagai pemucat dan sebagai penyerap uap. 
Arang aktif sebgai pemucat, biasanya berbentuk powder yangsangat halus, diameter pori mencapai 1000A0, digunakan dalam fase cair, berfungsi untuk memindahkan zat-zat penganggu yang menyebabkan warna danbau yang tidak diharapkan, membebaskan pelarut dari zat-zat penganggu dan kegunaan lain yaitu pada industri kimia dan industri baru. Diperoleh dari serbuk-serbuk gergaji, ampas pembuatan kertas atau dari bahan baku yang mempunyai densitas kecil dan mempunyai struktur yang lemah Arang aktif sebagai penyerap uap, biasanya berbentuk granular atau pellet yangsangat keras diameter pori berkisar antara 10-200 A0 , tipe pori lebih halus,digunakan dalam rase gas, berfungsi untuk memperoleh kembali pelarut, katalis, pemisahan dan pemurnian gas. Diperoleh dari tempurung kelapa, tulang, batubata atau bahan baku yang mempunyai bahan baku yang mempunyai struktur keras. 
Metoda aktifilsi yang umum digunakan dalam pembuatan arang aktif adalah:
a.Aktifasi Kimia: proses pemutusan rantai karbon dari senyawa organik dengan pemakian bahan-bahan kimia
b.Aktifasi Fisika: proses pemutusan rantai karbon dari senyawa organik dengan bantuan panas, uap dan CO2.
Arang aktif sebagai pemucat, dapat dibuat dengan aktifasi kimia. Bahan laku dicampur dengan bahan-bahan kimia, kemudian campuran tersebut dipanaskan pada temperature 500-900°C. Selanjutnya didinginkan, dicuci untuk menghilangkan dan memperoleh kembali sisa-sisa zat kimia yang digunakan.Akhirnya, disaring dan dikeringkan. Bahan baku dapat dihaluskan sebelum atausetelah aktifasi.
Arang aktif sebagai penyerap uap, juga dapat dibuat dengan aktifasi kimia.Sebagai contoh, digunakan serbuk gergaji sebagai bahan dasar dan H3PO4, ZnCl2,K2S atau KCNS sebagai aktifator. Biasanya, seratus bagian bahan baku yangtelah dihaluskan dicampur dengan larutan yang mengandung 50-100 bagianaktifator. Kemudian dipanaskan dalam pencampur mekanik untuk menguapkanair, selanjutnya campuran yang masih panas tersebut dibentuk menjadi blok-blok, dihancurkan kembali dan dikarbonisasi pada 500 -900°C, didinginkan, dicuciuntuk menghilangkan dan memperoleh kembali bahan-bahan kimia yangdigunakan untuk selanjutnya dikeringkan. Proses yang melibatkan oksidasi selektif dari bahan baku dengan udara, jugadigunakan baik untuk pembuatan arang aktif sebagai pemucat maupun sebagai penyerap uap. Bahan baku dikarbonisasi pada temperatur 400-500°C untuk mengeleminasi zat-zat yang mudah menguap. Kemudian dioksidasi dengan gaspada 800-1000°C untuk mengembangkan pori dan luas permukaan.

SILIKA GEL PENGERING
Silika gel merupakan suatu bentuk dari silika yang dihasilkan melalui penggumpalan sol natrium silikat (NaSiO2). Sol mirip agar – agar ini dapat didehidrasi sehingga berubah menjadi padatan atau butiran mirip kaca yang bersifat tidak elastis. Sifat ini menjadikan silika gel ndimanfaatkan sebagai zat penyerap, pengering dan penopang katalis. Garam – garam kobalt dapat diabsorpsi oleh gel ini. Silica gel mencegah terbentuknya kelembaban yang berlebihan sebelum terjadi. Para pabrikan mengetahui hal ini, karena itu mereka selalu memakai silica gel dalam setiap pengiriman barang-barang mereka yang disimpan dalam kotak. Silica gel merupakan produk yang aman digunakan untuk menjaga kelembaban makanan, obat-obatan, bahan sensitif, elektronik dan film sekalipun. Jangan terlalu mengartikan gel dalam pengertian suatu produk yang bentuknya gel ataupun silicon gel. Produk anti lembab ini menyerap lembab tanpa merubah kondisi zatnya. Walaupun dipegang, butiran-butiran silica gel ini tetap kering. Silica gel penyerap kandungan air bisa diaktifkan sesuai kebutuhan. Unit ini mempunyai indikator khusus yang akan berubah dari warna biru ke merah muda kalau produk mulai mengalami kejenuhan kelembaban. Saat itulah alat ini aktif. Setelah udara mengalami kejenuhan/kelembaban, dia bisa diaktifkan kembali lewat oven. Sejak Perang Dunia II, silica gel sudah menjadi pilihan yang terpercaya oleh pemerintah dan pelaku industri. Silica gel sering ditemukan dalam kotak paket dan pengiriman film, kamera, teropong, alat-alat komputer, sepatu kulit, pakaian, makanan, obat-obatan, dan peralatan peralatan lainnya. Silica gel juga membantu menahan kerusakan pada barang-barang yang mau disimpan. Silica gel yang siap untuk digunakan berwarna biru. Ketika silica gel telah menyerap banyak kelembaban, ia akan berubah warnanya menjadi pink(merah muda). Ketika ia berubah menjadi warna pink (merah muda), ia tidak bisa lagi menyerap kelembaban. Ia harus meregenerasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menghangatkannya di dalam mesin oven. Panas nya mengeluarkan kelembaban, lalu ia akan berubah warnanya menjadi biru dan kembali bisa digunakan.

Friday, June 22, 2012

West Java, Here I come!!!


Segala pernak pernik tes udah disiapin, mental tes udah siap, mental gagal lulus tes udah siap, ekspresi kebahagian juga udah siap. Here I go!!! 11 Juni 2011 Senin pagi pukul 08.00 berangkat dari rumah menuju bandara. Setelah pelenga-pelongo kece di bandara syamsudinnoor, teman jenius aku si dije datang diantar kedua orangtuanya. Miris kalau ingat nasib sendiri yang ke bandara cuman diantar acil supir terus abah juga masih opname di RS dan waktu itu mama masih kecapean pulang  ngejagain  abah, untung waktu berangkat sempat bisa say goodbye lewat telpon J.  Tak berselang lama yang lain juga udah datang yipppeee! pukul 10.45 take off menuju Jakarta dari Banjarmasin. Alhamdulillah sampai dengan selamat di bandara soekarno-hatta walaupun sempat ngerasain turbulensi dan telinga pekik.

Perjalanan menuju bandung ditempuh dengan mobil travel. Ongkosnya lumayan ringan (650rb dibagi 8 orang) terus yang nyetir juga mas-mas ganteng jadi mata aku segerr terus deh hehehehe… Emang tidak butuh waktu lama dari Jakarta ke bandung berkat jalan tol, sampai di pintu keluar tol pasteur masih bingung sama alamat penginapan yang baru, mas yang nyetir juga nggak terlalu hapal jalanan bandung alhasil setelah tanya sini tanya sana, buka google map, liat GPS, plus kesotoy-an tingkat dewa akhirnya kami sampai di penginapan yang ternyata itu adalah kost-kostan. Kostannya tidak jauh dari jalan raya, cuman jalan kaki sekitar 100 m ke luar gang hihii..

Besok paginya karena kecapean teman-teman ga ada yang mau jalan-jalan. Alhasil aku berhasil membujuk wenny dan yanti untuk sedikit berkeliling bandung khhihi.. Rabu pagi kita semua sepakat buat  test track angkot ke kampus UNPAD dipatiukur, ternyata ga sampai 30 menit dari pasirkaliki depan RSHS asalkan ga macet. Pulangnya mampir ke PVJ, karena angkot cicaheum-ciroyom tidak lewat PVJ maka atas saran supir angkot kami memutuskan jalan kaki, dan ternyata oh ternyta itu jalanan naikkan 600 m. tarrraa!!! PVJ masih tutup, crap! Celingak-celinguk sampai akhirnya buka. Harga pakaian disini mahalnya selangit! Gilak!! kalau ga sanggup nahan air liur netes lebih baik ga usah masuk ke tokonya. Cukup lelah seharian berkeliling dan menghamburkan uang kami kembali ke kost.

Kamis dan Jumat kami habiskan untuk belajar persiapan tes. Hari H pun datang, pagi-pagi sekali mandi walaupun airnya kayak es dan siap-siap pergi ke UNPAD. Disana udah banyak orang, dari aceh, Makassar, kaltim, cimahi, Jakarta, dll. Tes sesi pertama tes TPA yang soalnya sejibun dan memusingkan sekali dimana ada menghitung, memutar gambar, menebak gambar, membaca, logika. Tes sesi kedua tes kemampuan berbahasa inggris dimana soal listeningnya itu berpadu dengan volume tape yang storring. Lanjut sesi ketiga yaitu tes wawancara, saat itu aku di wawancara sama ketua Program Studi Apoteker Bapak Sohadi. Beliau banyak bercerita tentang farmasi di UNPAD dan bertanya tentang perkembangan kurikulum S1 Farmasi di UNLAM. Dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore buat tes, rasanya badan udah bau dan dekil banget!
Sambil menunggu pengumuman di tanggal 21 Juni 2012, kami merencanakan keliling bandung dengn angkot. Dan akhirnya kami berhasil ke lembang untuk melihat, memetik stowberry dengan ongkos 6rb, sayang kami tidak melanjutkan ke gunung tangkuban perahu karena pengen ke Pasar Baru di jalan otto iskandar dan lagi-lagi naik angkot khehe… malamnya ke PVJ lagi nemenin ichuy yang mau beli jaket kulit. Besoknya ke Dago, keluar masuk FO tanpa tujuan yang jelas mau beli apa terus ke Jalan Braga yang konon tempat sewa dan jual tanah termahal di Bandung. Ke ITB buat ngasih formulir pendaftaran Apoteker. Ke Stasiun kereta bandung ngecek tiket ke Jogja.

Dan… Jeng Jeng Jeng!!!! Hari pengumuman..
Pagi jam 10 nelpon pihak UNPAD, katanya datanya belum diinput. Setiap 5 menit sekali ngerefresh situs pengumumuan. Perasaan udah random banget; penasaran, takut, excited, anxious! Dan tiba-tiba di timeline pihak unpad ngetweet “ Hasil Ujian Pascasarjana dan Profesi sudah dapat dilihat ……” Perasaan aku makin tak terdefinisi.. dan hasilnya LULUS!!! Alhamdullilah, akhirnya dapat melanjutkan kuliah profesi Apoteker di Universitas Padjajaran setelah 4 tahun kuliah S1 farmasi.. J Terima kasih abah dan mama yang tetap selalu mendukung walaupun seringkali aku mengecewakan mu!



Thursday, September 1, 2011

2 syawal 1432 H

Santai banget hari ini! Bukan lagi bangun pagi buta buat sahur, akhirnya makan pagi juga. Waktu kok kayanya cepat banget, baru 2 bulan yang lalu KKN, trus ramadhan dan tiba-tiba bangun pagi udah Hari Raya Idul Fitri. Dan 4 hari lagi masuk kuliah, bakalan sibuk mikirin skripsi.

Idul fitri kali ini tak ada lagi baju baru, tak seperti 10 tahun yang lalu pasti dikasih hadiah baju baru karena udah puasa 1 bulan penuh. Hari pertama habis sholat Ied langsung tancap gas 30 Km ke Kompleks Pemakaman Karangpaci buat nyekar kuburan kakek. Lanjut ke rumah saudara mama buat silaturahmi, ini saatnya makan enak makan kenyang. Ketupat kandangan, Lapat, Lontong, nasi dan semua hidangan lenyap masuk dalam perut. dan alhasil timbangan naik 2 kilo. HORE...

Hari kedua kunjungan ke rumah saudara abah, sudah lebih dari setahun rasanya tidak ke tempat ini. Rumah-rumah disini makin merapat, sungai disini semakin banyak sampah, tapi warganya tetap rukun dan damai. Aneh rasanya ponakan-ponakan yang dulunya kecil sekarang udah masuk SMA. Acaranya sambung ke reunian bapak-bapak tempo dulu. Acara kumpul-kumpulnya abah dan teman-teman kuliahnya dulu. sayang tak ada cowok yang sebaya jadi aku tetap sibuk makan. :) Ingat reunian ingat beberapa hari yang lalu. Bulan puasa udah kaya bulan reunian, teman satu kompleks, SD, SMP, SMA ngadain buka bersama. Sempat kaget liat muka-muka teman dulu, udah besar ya.. udah ada yang nikah.. alhamdulillah ya..


walaupun di Indonesia ada perbedaan hari perayaan, yang penting kembali ke fitrah :)
Selamat idul fitri 1432 H


Monday, June 27, 2011

KKN dan KKN

Hei blog,

Sdh selesai UAS dari hari rabu 22 Juni kemarin, disusul pembekalan KKN (Kuliah Kerja Nyata) 2 hari berikutnya. Walaupun pembekalan KKN sedikit membosankan namun asik juga ketemu dengan satu angkatan 2008 MIPA ditambah anak FISIP. Sebenarnya dari bulan kemarin sudah penasaran sama lokasi dan atmosfer KKN.  Berhubung desa di Kalimantan Selatan kebanyakan berada dipinggir sungai otomatis harus siap-siap mandi, mencuci, dan buang hajat di sungai. Hal ini membuat sebagian kaum hawa menjerit histeris. Bagaimana tidak, Kita mandi, mencuci dann buang hajat di tempat dan air yang sama belum lagi tempat pemandian yang tidak ada privasi alias diatas batang dan tidak berdinding dan beratap apapun.  Bayangkan jika lagi asik-asiknya mandi terus pemuda-pemuda lewat, habis sudah rasa malu. Belum lagi jamban (WC yang terapung diatas air) yang biasanya menghadap langit luas tanpa atap. Namun bagi saya hal-hal tersebut tidak terlalu asing karena saya asli suku banjar dan waktu kecil pernah mandi di sungai.

Ternyata lokasi KKN kami di Kecamatan Astambul dan Simpang Empat Pengaron. Kebetulan saya dapat lokasi di Desa Batu Balian Simpang empat Pengaron sekitar 3 jam dari Banjarmasin. Menurut kabar disetiap rumah  msayarakat disana terdapat kuburuan dipekarangannya. Desa ini juga berada di kawasan jalan utama menuju pertambangan batubara jadi lumayan berdebu karena truk-truk pengangkut batubara sering hilir mudik. Ada juga lokasi sebagian teman saya yang lumayan terisolir karena mobil dan angkutan roda dua sulit masuk, harus  melewati jembatan gantung dan jalan setapak bahkan ada yang harus naik perahu. Sebenarnya lokasi-lokasi tersebut sangat menantang untuk berpetualang dan melakukan pengabdian masyarakat. Di Desa belum tentu ada sinyal provider HP apalagi jaringan internet. Ini dia yang dapat menghalangi hobi saya. :(

Satu kelompok KKN terdapa 10 mahasiswa dimana terdapat dari jurusan Kimia, Fisika, Biologi, Matematika, Ilmu Komputer, FISIP, dan Farmasi. Berhubung saya dari Farmasi maka masalah kesehatanlah yang menjadi pusat perhatian selama sebulan kedepan. Saya sudah tidak sabar untuk survey lapangan besok pagi. Tidak sabar melihat Desa yang akan saya tempati. Semoga dapat memberi manfaat dan berguna disana nanti. AMIN

Tuesday, June 14, 2011

UAS, tolong bersahabat dengan ku

Berawal dari dua hari yang lalu UAS berani mengisi hari-hariku. Diawali dengan farmakokinetika, lanjut Patologi, dan besok Farmasi Klinik. Setelah otak dimuati dengan rumus hitungan-hitungan di hari pertama dan jungkar balik 3 hari membolak balik buku, walhasil soal tersebut masih sulit dibilang dijawab dengan benar. Bagaikan 3 hari perjuangan dibalas dengan tuba. hari kedua lumayan walaupun sebagian soal ada sedikit keraguan dan sempat terjadi tarik menarik lembar jawaban dengan pengawas hhaaha..

Malam ini, aku dan UAS mencoba berdamai dengan mengajaknya jalan-jalan ke blog ini. 
"Baiklah kita mulai UAS"  melirik slide didepan mata. 
Therapeutic Drug Monitoring
Pelayanan Informasi Obat
Medication Error
"Cukup 3 bahasan aja anak muda" tanggap si slide dengan suara yang membisik. 

Bahasan Pertama, "hoaammm"
Therapeutic Drug Monitoring (TDM) atau yang disebut dengan Monitoring Terapi Obat ialah terapan praktik yang dapat membantu praktisi kesehatan khususnya dokter dan apoteker untuk memberikan terapi obat yang aman dan efektif pada pasien yang memerlukan sehingga terhindar dari toksisitas. Ada satu hal yang perlu ditekankan setiap individu perlu takaran dosis yang berbeda karena perbedaan kondisi fisiologis yang mempengaruhi konsentrasi obat dalam plasma diantaranya volume darah, perbedaan kecepatan absorbsi, dll. Sehingga pengetahuan tentang konsentrasi obat dalam plasma sangat penting jika tidak tercapai terapi yang efesien pada pemberian dosis individu. 
Tidak semua obat memerlukan TDM. Seperti:
1. obat-obat dengan end point yang mudah untuk dimonitoring, misalnya : blood preasure, heart rate, cardiac rhythm, blood sugar, urine volume, body temperature, dll.
2. Obat-obat dengan komplikasi farmakokinetik sedikit
3. Obat-obat yang konsentrasi plasmanya tidak memiliki hubungan dengan terapeutik atau efek toksisnya.
4. Obat-obat yang hanya mengurangi gejala (less complicated) bukan menyembuhkan (threatening disease)

hoaaaahh ngantukkkkkk
maaf slide, aku tak sanggup menemani kamu jalan-jalan di blog ini .. :(